Opini publik adalah pendapat kelompok masyarakat atau
sintesa dari pedapat dan diperoleh dari suatu diskusi sosial dari pihak-pihak
yang memiliki kaitan kepentingan. Agregat dari sikap dan kepercayaan ini biasanya dianut oleh populasi orang dewasa.
Dalam menentukan opini publik, yang dihitung bukanlah jumlah
mayoritasnya (numerical majority) namun mayoritas yang efektif (effective
majority). Subyek opini publik adalah masalah baru yang kontroversial
dimana unsur-unsur opini publik adalah: pernyataan yang kontroversial, mengenai
suatu hal yang bertentangan, dan reaksi pertama/ gagasan baru.
Pendekatan prinsip terhadap kajian opini publik dapat dibagi
menjadi 4 kategori:
2.
Penelitian
terhadap hubungan internal antara opini individu yang membentuk opini publik
pada suatu permasalahan.
3.
Deskripsi tentang atau analisis
terhadap peran publik dari opini public.
4.
Kajian baik terhadap media komunikasi yang memunculkan gagasan yang menjadi dasar opini maupun
terhadap penggunaan media oleh pelaku propaganda dan manipulasi.
Referensi
-
Djoenasih S. Sunarjo, Opini Publik
-
Helena Olii, Opini Publik
-
Eriyanto, Teknik Sampling Analisis,
Analisis Opini Publik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar