Komunikasi persuasif
adalah komunikasi yang bertujuan untuk merubah atau mempengaruhi kepercayaan,
sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang
diharapkan oleh komunikator [1].
Pada umumnya sikap-sikap individu/
kelompok yang hendak dipengaruhi ini terdiri dari tiga komponen:
2.
Afektif - perilaku dimana individu mempunyai kecenderungan untuk
suka atau tidak suka pada objek.
3.
Konatif - perilaku yang sudah sampai tahap hingga individu melakukan
sesuatu (perbuatan) terhadap objek.
Kepercayaan/ pengetahuan seseorang tentang sesuatu dipercaya
dapat mempengaruhi sikap mereka dan pada akhirnya mempengaruhi perilaku dan
tindakan mereka terhadap sesuatu. Merubah pengetahuan seseorang akan sesuatu
dipercaya dapat merubah perilaku mereka. Walaupun ada kaitan antara kognitif,
afektif, dan konatif - keterkaitan ini tidak selalu berlaku lurus atau
langsung.
Contoh: Budi tahu/ percaya (kognitif)
bahwa mobil Mercy itu mobil yang bagus. Budi juga senang (afektif)
melihat bentuk mobil tersebut saat melenggang di jalan. Tetapi Budi tidak akan
membeli mobil mercy (konatif), karena ia tidak punya uang.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
komunikasi persuasif agar berhasil
Banyak faktor menentukan keberhasilan/ ketidak berhasilan
suatu pesan yang bertujuan persuasif. Empat faktor utama adalah:
1.
Sumber pesan/ komunikator yang mempunyai kredibilitas yang tinggi; contohnya
seseorang yang mempunyai pengetahuan tentang apa yang disampaikannya.
2.
Pesan itu sendiri (apakah masuk
akal/ tidak).
3.
Pengaruh lingkungan.
4.
Pengertian dan kesinambungan suatu
pesan (apakah pesan tersebut diulang-ulang).
Namun faktor-faktor ini tidak berjalan secara bertahap, pada
banyak kasus faktor-faktor ini saling tumpang tindih.
Etika komunikasi persuasif
Komunikasi persuasif tidak sama dengan propaganda. Menurut Prof. Richard L. Johannesen, Profesor Komunikasi
dari Northen Illinois University[2] ntuk membatasi agar komunikasi persuasif tidak menjadi
propaganda maka ada seperangkat etika yang harus dipatuhi.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar